Senin, 20 April 2015

Mungkin Ini Yang Namanya Galau



Akhirnyaaaa…….. setelah sekian lama tidak ngepost artikel, berhubung udah kelas XII (kelas 12) SMA, jadi banyak yang harus dikerjakan mulai dari nyicil tugas yang segunung, nyicil ujian praktek, ditambah dengan TO 1 (TryOut), TO Diknas, UAS, dan the finalnya kemarin tanggal 13,14,15 April 2015 yaituuuu… UJIAN NASIONAL. 

Okee, udah kelas 12 SMA nih, otomatis sebentar lagi lulus dari SMA dan jadi Mahassiswa/Mahasiswi nihhh aseeekkk. Eiittttssss tapi tidak segampang itu untuk menjadi seorang Mahasiswa/Mahasisiwi teman-teman, banyak perjuangan dan tantangan yan harus kalian hadapi. Mungkin dari awal duduk dibangku kelas 12 SMA udah pusing sendiri mikirin mau lanjutin sekolah di mana?? Perguruan Tinggi mana?? Universitas terenal dan favorit mana? Dan tentunya pertanyaan dari orang-orang terutama orang tua sendiri, pertanyaan yang dah bikin kepala pusing tujuh keliling yaitu, mau lanjut kemana?, mau masuk mana? Mau ambil jurusan apa?. Hadeeee , tapi ada nasehat yang diberikan oleh orang yang nanya, ambil jurusan atau kuliah yang gampang cari kerja aja, sekarang cari kerja tuh susah katanya.


Itulah yang saya hadapi sekarang, pusing minta ampun untuk milih kampus dan jurusannya??? saya daftar di Polnep (Politeknik Negri Pontianak) lewat jalur pmdk juga dan hasilnya blm diketahui, selanjutnya adalah jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) saya ambil di UnTan (Universitas Tanjungpura) Jurusan Ilmu Komunikasi, dan yang di luar kota ambil di UnPad (universitas Padjajaran) jurusan Broadcasting(Tv/Film) sama Ilmu Kesejahteraan Rakyat.

Saya cuma berharap dari usaha itu semua ada salah satu yang menerima saya untuk jadi Mahasiswi di kampusnya. Sekarang sih jadi pengangguran dirumah, lagi nunggu surat keterangan Lulus/Tidak Lulus dan nunggu pengumuman Lulus/Tidak Lulus juga dari semua kampus yang saya daftarkan di atas. Akhirnya ngerasin juga apa yang dirasain oleh senior-senior dulu, pusingnya milih kampus dan milih jurusan untuk memperbaiki taraf hidup kearah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Kalo orang tua saya sih maunya saya masuk di PoltekKes, biar bisa enak kerjanya, kalo belum bisa jadi PNS (Pegawai Negeri  Sipil) masih bisa kerja di Rumah Sakit atau nggak di Puskesmas.

Kalo dipikir-pikir saya dari jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) emang bisa apa masuk???, di keterangan pendaftaran sih ada jurusan IPS untuk masuk di PoltekKes. Toh kakak ipar saya aja dari IPS bisa masuk situ, dan ngambil jurusan Analis Kesehatan yang notabennya itu untuk anak IPA (Imu Pengetahuan Alam), karena tugas Analis Kesehatan kan meriksa darah di laboratorium dan anak dari jurusan IPS kan nggak ada yang mengahruskan untuk praktek yang menggunakan Mikroskop. Tapi bukti dilapangan menunjukkan fakta yang berbeda, anak IPS juga bisa masuk situ, jadi berbekal itu semua saya berani mendaftarkan diri untuk masuk PoltekKes.

Intinya sih niat aja, kalo pada bilang itukan untuk jurusan IPA bukan IPS mana bisa anak IPS masuk situ, alasannya sushlah yang dipelajari, nggak ngertilah pelajaranya, kalau emang NIAT pasti bisa kok, kan semuanya juga butuh proses belajar. Kalo belajarnya sungguh-sungguh dan sepenuh hati ikhlas insyaAllah bisa kok. Intinya semua berawal dari NIAT. Nah untuk yang akan jadi kelas 12 nanti mungkin bisa memikirkan kampus atau jurusan apa yang akan dipilih, biar ada persiapan, dan ingat jangan pernah pesisimis untuk memilih jurusan yang tidak searah dengan jurusan waktu di SMA. Mau IPA atau IPS dan memilih jurusan kuliah yang berlawanan arah jangan takut yang penting usaha, bisa beradaptasi dan niat mau belajar.


Sekian dan terima kasih, ketemu lagi di artikel atau tulisan yang lain……..
Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang pas atau salah, kesempurnaan hanya milik Allah dan kekurang pasti milik Manusia





3 komentar:

Unknown mengatakan...

Hai kakak,,,😄👍
Nice,,😍😍

Unknown mengatakan...

Hai kakak,,,😄👍
Nice,,😍😍

Patma Wati mengatakan...

Nice kakak

Posting Komentar